Rabu, 30 Desember 2009
PERALATAN MANCING
Peralatan
Submitted by admin on Thursday, 18 June 2009No CommentREEL - kalau beli reel, jangan sembarangn merk ! cari merk ternama seperti Penn, Shimano, Daiwa dll. Minimal pakai 3 bearing, dan kalau ada duitnya, beli yang ukuran 4000 dan 8000 ya ? Pendek kata, kalo duitnya belum cukup, ya 4000 dulu deh ! dan yang merk lho ! Soalnya
JORAN - ngapain beli yang mahal kalau akhirnya “ke-injek kaki, ke-dudukan bokong dll ?” lagipula kalau anda krang rajin merawat, cincin joran sering cepat karatan dan putus alias copot ! Jadi biasakan beli joran yang murah, baik, dan jangan terlalu lembek ya ?
KENUR - pakai 8 - 10 lbs untuk reel ukuran 4000 dan 15-20 lbs untuk ukuran reel 8000. Pakai yang 30 / 40 lbs ? emang mancingnya dimana mas ? kalau pakai tangan, pakai 40-100 lbs, tergantung kekerasan tangan anda. Pakai yang 2-4lbs ? Anda mau ikut pertandingan apa ?
MABOK LAUT ? - ada yang bilang minum air laut-lah, pusernya ditempel koyo-lah, nyebur ke laut-lah dsb. Kalo pinter anda sebelum mabuk, antisipasi dulu dengn minum obat ; kalo antimo anda jadi tidur, tetapi anda boleh coba DRAMAMINE, yang konon sangat aman diminum, bahkan orang hamil pun boleh meminumnya. Minum satu tablet sesudah bangun pagi saat hari keberangkatan, atau minimal pada saat keluar rumah anda. Terus terang, kalo obat ini ngga ada, saya ndak berani pergi mancing mas !! BILA SAKIT BERLANJUT, HUBUNGI DOKTER !
RACUN IKAN - kalu terkena duri ikan baronang / ikan lain yang beracun, anda bisa mengatasinya dengan air kencing. Setelah terkena duri Baronang / ikan lain, jangan tunda lagi disiram pakai air kencing sendiri. Kalau ngga kepengin, ya minta tetangga agar ‘ngencingin’ BILA SAKIT BERLANJUT, HUBUNGI DOKTER !
TELOR DAN PISANG - “Tuh kan ! sampeyan bawa pisang sih ! Jadi ngga dapat ikan Pak ! Pokoknya kalo mancing jangan bawa telor dan pisang ! Percaya atau tidak, di Kep Seribu sering beredar anggapan demikian. Anda mau bilang mitos, tahayul, ya terserah kepada anda, so believe it or not ! ngga ada yang melarang. Menurut saya ? NO COMMENT lah !
Minggu, 27 Desember 2009
Trip mancing mujaer 24 Desember 2009
Karena ada libur bersama/cuti bersama,dan ga ada acara pulang kampung,akhirnya dari pada Bt ga karun akhirnya saya mancing biasa ke setu pamulang / sasak tinggi,dengan harapan mungkin hari ini hari bagus n semoga sepi ga ada saingan para mancing mania mujaer,beli lumut Rp.5000,- dah cukup karena hari ini ga sama temen dewean bae (wong palembang ),da beli lumut cari2 lokasi buat mancing ternyata di depan warung pak imam di daerah setu pamulangemang ini warung satu2 yg ada di setu pamulang yang para pemakan untuk para mania mancing setu,set sebentar alat pancing karena dah dipersiapkan dari semalam biar datang bisa langsung straike..lempar umpan pancing yg banyak gelembung2 air..tunggu sebetar kurang dari 5 menit unpan dimakan set..timbul..tenggelam.gentak..kena iakan limayan besar 4 jarian orang dewasa lumayan buat pengelaris..kate orang ...terus berulang sampe sing jam 10an iakn lumayan banyak..jam 10 ke aatas ikan sudah jarang sambutan akhirnya pindah ke belakang asrama Brimob..dikawasan kompelek Polri..tapi dilokasi ini ga ada ikan yg besar2 cuma ikan 2 jarian.akhirnya sya pulang dengan pendapatan 15 ekor ikan mujaer dari yg 3-5 jari lumayan buat lauk di rumah...dengan pulang diiring hujan gerimis..sekain trip saya ke setu pamulang..ikan di setu pamulang ga ada matinya...ga pernah abis..I love setu pamulang..moga ada pemerintah yg mau menengok setu pamulang sebagai resapan air yg harus di jaga..tapi yg membuat aku keasl banyak sekali sampah apalagi di ujung setu penuh sampah dan eceng gondok yg begitu banyak ..salam Straike...Genatak..!!!!!!
Rabu, 16 Desember 2009
Trip mancing 13 Desember 2009
setelah trip tanggal 12 desember hasil tidak memuaskan,say dan satu teman saya ta2w yg selalu menemani di manapun say mancing,kali ini kami ber 2 ingin trip mancing muajair di situ pamulang lagi,karena kami ga pernah bosan untuk mancing di situ pamulang 1 karena ikan di sana ga pernah habis walau hasil kadang banyak kadang ga,kali ini kami coba di belakang asrama Brimob di kawasan pamulang karean dekat denganasrama,kali ini kami mancing mujaeir dengan menggunakan lumut yg rada halus untuk mencari target ikan mujaer yg ga terlalu besar karena sudah pasti klo lumut halus dapatnya hanya ikan2 mujaer 2-4 jarian,dari pagi sampe menjelang sore kami hanya mendapatkan mujaer2 yg masih nete sama biang babonnya kata para pemancing..ternyata mujaer babaon sedang betelur kayaknya karena yg di dapat ikan2 kecil saja..tapi kami ga akan bosan untuk selalu mancing iakn muajaer karena say dan temap say sudah cinta berat mancing dengan lumut untuk target mujaer..dan kami ingin mencari di manapun mujaer berada sampai ti2 darah penghabisan..seakian trip kami tgl 13 desember 2009...salam Gentak..!!!!
Senin, 14 Desember 2009
Trip mancing Mujaer Situ Pamulang-Cinere
trip ini tanggal 12 desember 2009,diawali dari kabar dari temen bawa di situ cinere jakrta selatan,yang bulan lalu baru di tebar ikan mas dan mujaer,akhirnay sabtu tgl 12 desember aku dan temanku berakat dari ruamah rejam 8,tapi kami tidak langsung ke situ cinere tapi ke situ pamulang dulu ke sasak tinggi untuk beli lumut ijo n umpan ikan mas karena katanya ada mas nya juga di setu cinere,setelah beli lumut kita coba dulu mancing di situ pamulang kira2 ada 3 jam kita ga dapat hasil yg memuaskan ikan mujaer cuma 2 jarian dan waktu itu memang cuaca mendung di sertain ujan rintik2 tp yg membuat seram pertinya yg mengerikan maklum dulu pernah mancing di situ pamulang pas waktu ujan n petir yg memebuat trouma karean jarak 10 mtr tempat kami berteduh petir turun pas depan kami samapi berasap,gmana klo sampai kesambar gosong kali ya..lanjut kita untuk tujuan awal kami ke situ cinere yg ga terlalu jauh -+ 1/2 jam sudah sampe situ cinere wwalau rada macat karena cuaca msh hujan buat macet jalan..sampe di situ cinere kami lihat banyak mania sudah bertengger di bibir situ dan di sini jg banyak mania mancing ikan mujaer pakai lumut ijo,kita coba lumut dari pamualang kita set s 2 joran kusus mancing mujaer pakai cabang seperti kumis tapi pakai kawat gitar senar 2,kita coba lempar umpan di depat dekat2 saja..tunggu beberapa menit ga ada sambutan..lalu kami coba lempar agak jauh..tunggu beberapa menit..up ..set..pelampung naik turun pas hilang Gentak..! up dapet ikan lumayan besar 4 jarian,aku pikir ikan muajaer hilaf yg mau makan umpan..kami..kita coba lg..ternyata tarikan demi gentakan hanya ikan2 2 jarian saja...ternyata kami lihat mania mancing semua kebanyakan pakai pelampung lilin biar lemparan lebih jauh..karena lempar umpan dekat2 ga ada sambutan jd harus ketengah mancingnya karena lokasi situ cinere pas pinggir jalan mungkin takut sama kendaraan takut di tabrak..he3...mungkin karena cuaca masih ujan n petir bergema di langit jd pada semabunyi tuh ikan mujaer,selama mancing aku ga pakai umpan pelet ga jelas ada ikan mas nya ga soalnya..iakn sapu2 banyak sekali..akhirnya trip 2 situ kami sudahi dengan pendapatan 4 ekor ikan muajer 4 jarian n 2 jarian banyak..tapi sempat mocel juga iakn muajer lumayan babon 5 jarian tapi mocel..sekain terip setu cinere mungkin di lain waktu kami kembali dengan persiapan yg matang...salam Gentak dari Mania mancing lumut ijo (mujaer)..
Kamis, 03 Desember 2009
WADUK CACABAN TEGAL
Trip ini di laksanakan pada 3 hri setelah lebaran 2009,aku berakat dari pekalongan denagn mengunakan motor supra 110 ccc,aku berakat jam 6 pagi dari pekalongan mapir dulu di pemalang untuk jemput kawan katanya mau ajak saya kea waduk cacaban katanya klo disana banyak ikan mujaer umpanay gampang cuma pakai lumut rawa/kali/sawah,berakatlah qta berdua ke waduk cacaban tegal,jalur jalan bagus,maklum baru ada pengaspalan jalan jd aspalnya masih hitam n belum berlubang..di sekitra perjalan pemalang-k waduk ca2ban penuh dengan hutan jati n tebing yg curam,karena semangat 45 msh terpendam jd ga perduli itu jalur maut n landay..sekitar 2 jam sampe ke waduk ,parkir motor di atas tebing waduk ca2ban begitu indahnya waduk ini..tapi sayang di sekeliling waduk pohon jati sedang tak ada daun mungkin seadang musim semi jati panas nian..(kata wong palembang)l, liat2 sebentar sekitar waduk n saya melihat banyak sekali mania mancing disana,aku dekatin ternyata pada mancing ikan mujaer n lumayan besar2 ada yg 4 jari sampe 5 jari..orang dewasa lo....ternyata umpan yg dipakai lumut hijau..n mancingnya aneh karena pelampung yang di pakai panjang2 mungkin di sesuaikan dengan waduk yg dalam kurang lebih 5-10 mtr,lalu aku bingung mau mancing ga ada umpan lumut aku tanya2 dimana ada beli lumut tenyata ga ada yg jual lumut,mau cari di mana ada lumut,karena kebanyakan para pemancing lokal saja..jd mungkin ngambil lumut disawah sendiri..jd aku ga jd mancing hanya liat2 aja..karena ga ada umpan..ga ada peluru tu perang..akhirnya aku sudahi trip dengan hati rada kecewa karena ga bisa mancing n merasakan tarikan ikan waduk
Langganan:
Komentar (Atom)
.jpg)


